02 November 2008

PUASA SUNAT SEPANJANG TAHUN 2008

Beberapa hari yg lalu saat pulang kerja, dijalan ketemu cowok ABG pake Jins dan kaos T shirt. Didadanya ada tulisan “Muda Foya-foya Tua Kaya Raya Mati Masuk Surga “ sambil senyum simpul kubaca dalam hati… Enak ya bisa begitu..

Muda Foya2 udah nggak kepingin, Tua Kaya Raya : ya Pengin sih ..sedang diusahakan…. Trus Kalo : Mati masuk Surga ? Wuaduh yg ini nggak jamin aku.

Kalo menurut Rukun Islam : Syahadat aku udah, Sholat kadang Bolong, Zakat kadang2 kalo inget, Haji belum. Puasa? ini sepertinya Bisa . Sehat, Ngirit dan dapat Pahala. Untung kemarin ada yg mengingatkan kalo besok tgl 19 January 2008 ada Puasa Sunat 10 Muharam yg pahalanya Guede Buanget.

Dari Abu Qatadah. Rasulullah SAW, telah berkata, Puasa hari Asyura (10Muharram) itu menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu.” (Hadist Riwayat Muslim)
(Kitab Fiqh Islam. H. Sulaiman Rasjid. Penerbit Sinar Baru. Bandung.1994 Hal 240)

Kalo dipikir2. Sepanjang hari, secara sadar baik sengaja maupun nggak, yg namanya dosa kecil maupun dosa besar. (dari yg omongin orang sampai sholat yg kadang Bolong. belum yg lain2) Kalo dijumlah sepanjang tahun lalu pasti Buanyak banget . Kalo hari ini atau besok dipanggil Tuhan. Bisa dipastikan Masuk kemana aku . Kalo nggak karena Kasih dan Rahmat Allah aja Aku pasti gagal deh masuk Surga .

(Kata Pak Ustad : Sebagian besar manusia masuk Surga karena Kasih dan Rahmat Allah, karena Pahala manusia nggak cukup utuk nomboki kenikmatan Allah yg diberikan kepada Manusia. Jadi kalo tidak bersyukur sekarang kapalagi dapat Kasih dan Rahmat Allah?)

Bersyukur bisa dengan ingat kewajiban kepada Allah, Tidak menyengsarakan Diri sendiri, Keluarga, Tetangga dan tidak merugikan Orang lain.

Di Kitab Duratun Nashihin yang bukan Surga alias Neraka itu Puanassss… sekali saking puanasnya segayung api neraka diletakkan di dunia akan membakar dunia seisinya. Neraka itu warnanya Hitam dan Gelap saking Panasnya. Kalo orang udah disiksa/dibakar akan dikembalikan sehat lagi, dibakar lagi, sehat lagi, dibakar lagi dst …..nggak ada selesainya ….. iihhh ngeriii….. Mau?

Untungnya ALLAH MAHA BAIK pada Umatnya. Mau memberi Bonus Pahala seperti diatas.

Setan selalu ajak orang bikin Dosa . Tuhan memberi Bonus besar utk Puasa Sunat atau Perbuatan tertentu guna nutupi/ nomboki dosa. Jadi seimbang to? Kalo Tuhan tidak beri Bonus Pahala bisa dibayangkan apa jadinya. Sekali lagi ALLAH MAHA ADIL tidak akan membiarkan umatnya berdosa tanpa ada solusi utk mensucikannya.

Rangkuman Puasa-puasa Sunat dalam setahun dari Kitab Fiqh Islam dari H. Sulaiman Rasjid ini mungkin bermanfaat, Semoga Allah selalu memberi Rahmat dan Kasih kepada Kita. Amin.

Menurut Kitab Fiqh Islam ini Puasa Sunat/ sunnah ada 6 yaitu :

1. Puasa 6 hari di bulan Syawal. 3-8 October 2008

Dari Abu Ayyub. Rasullullah SAW, telah berkata, Barang siapa puasa dalam bulan Ramadhan, kemudian ia puasa pula enam hari dalam bulan syawal, adalah seperti Puasa sepanjang Masa ( Riwayat Muslim)

2. Puasa Hari Arafah (9 Dzulhijjah/ Besar) 07 Desember 2008

Dari Abu Qatadah. Nabi SAW telah berkata, “ Puasa hari Arafah itu menghapuskan dosa dua tahun; Satu tahun yang telah lalu, dan satu tahun yg akan datang. (Riwayat Muslim)

3. Puasa Hari Asyura (10 Muharram / Suro ) 19 Januari 2008

Dari Abu Qatadah. Rasulullah SAW, telah berkata, Puasa hari Asyura (10Muharram) itu menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu. (Riwayat Muslim)

4. Puasa Bulan Sya’ban / Ruwah .04 Agustus- 01 September 2008

Kata Aisyah, Saya tidak melihat Rasullullah menyempurnakan Puasa satu bulan penuh selain dalam bulan Ramadhan, dan saya tidak melihat beliau dalam bulan-bulan yg lain berpuasa lebih banyak daripada bulan Sya’ban (Riwayat Bukhari Muslim)

5. Puasa Hari Senin dan Hari Kamis

Dari Aisyah, Nabi besar SAW. Memilih waktu puasa hari Senin dan hari Kamis. “ (Riwayat Tirmizi)

6. Puasa Tengah Bulan (tgl 13, 14 dan 15 dari tiap bulan Qomariah (tahun Hijriah)

Dari Abu Zarr. Rasullah SAW, telah berkata, “ Hai Abu Zarr, apabila engkau hendak puasa hanya tiga hari dalam satu bulan, hendaklah engkau puasa tanggal tiga belas, empat belas dan lima belas (Riwayat Ahmad dan Nasai).

Untuk Puasa Sunat yg lain, belum ketemu Hadistnya yg Shahih ada yg mau menambahkan…

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda