04 Juni 2009

Otak Lelaki Lebih “Ribet” dari Otak Perempuan

Sudah lama orang mengira bahwa susunan otak lelaki dan perempuan berbeda. Secara sains, memang terbukti bahwa otak kaum Adam memiliki lebih banyak sinaps yang terkoneksi ke sel-sel di daripada kaum Hawa.

Tapi jangan ge er dulu, sebab ini bukan berarti bahwa lelaki lebih pintar dari perempuan. Lebih jelasnya, setiap jenis kelamin cenderung memiliki perbedaan jenis fungsi kognitif. Riset memperlihatkan bahwa lelaki cenderung melakukan kinerja baik di bidang perputaran mental objek dan persepsi spasial. Sedangkan kaum perempuan lebih naik di bidang daya ingat verbal dan kefasihan.

Beda Rasio

Ilmuwan saraf terus melakukan sejumlah pengujian untuk melihat perbedaan struktural antara kedua gender dan menemukan perbedaan kemampuan itu. Sejumlah studi terduly memperlihatkan bahwa lelaki dan perempuan memiliki rasio berbeda akibat beda densitas neuron atau sel-sel saraf di otak mereka.

Studi anyar yang dilakukan oleh tim ilmuwan Consejo Superior de Investigaciones Cientificas di Madrid ini melihat lebih dalam bagian otak dan menemukan perbedaan densitas sinap, persimpangan jalan antara neuron yang memungkinkan sel-sel berkomunikasi satu sama lain.

Pada daerah neokorteks temporal yang melibatkan proses sosial dan emosional, pada lelaki ditemukan lebih banyak sinaps dibanding perempuan. Temuan yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini bukan berarti bahwa lelaki memiliki sirkuit otak yang lebih kompleks daripada perempuan. Arti lebih detail mengenai fakta ini barangkali bisa ditemukan dalam studi-studi mendatang.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda