25 Agustus 2009

ASIAFONE AF903: BLACKBERRY BOLD WANNABE; BLUEBERRY BERGARANSI RESMI


Asiafone AF903Akhir-akhir ini aku lagi ngefans sama HP ber QWERTY keyboard, sempet juga nyobain Nokia E63 namun karena ngerasa gak cocok jadi beralih. Punya rencana membeli HP QWERTY ala lokal seperti Nexian, Htmobile atau Micxone Bahkan IMO. Tapi karena Nexian udah pasaran banget, jadi gak selera lagi. Ngincer Micxone S900, tapi gak dapat juga, dibohongin malah sama pelayannya yang waktu dipameran di BeeMall. Ngelirik IMO G910, tp tuh barang ga ada juga, nungguin IMO B9000, tapi kelamaan belum launching juga.

Sempet lihat yang dari ASIAFONE di salah satu tabloid, eh pas jalan ke BEC ternyata ada pameran ASIAFONE jadi sempet nyobain yang tipe AF903 dan langsung tertarik. Akhirnya di pinang tuh si AF903 dengan harga Rp.1.175.000.- Kemasannya sama sama hp lokal lainnya, ada dua baterai kapasitas 1200 mAh, satu handphone, satu earphone, satu buah microSD berkapasitas 1 GB, satu kabel data yang sekaligus berfungsi sebagai charger plus adaptor charge nya. Gambar yang diatas logo asiafonenya saya tutupi dengan logo telkomsel, biar gak terlalu ketara merk Chinanya. Desainnya gila mirip banget sama Blackberry Bold, bedanya di AF903 ini hanya ada satu port mini USB disamping kiri yang berfungsi sebagai tempat charge sekaligus tempat kabel data dan tempat earphone. Selain itu juga di belakang casing terdapat lubang dengan desain mirip logo BB yang berfungsi sebagai corong speaker, pada tempat kamera juga ada logo BB. Kualitas bahannya siap diadu dengan blackberry sekalipun, list metalnya benar-benar metal, sedangkan bagian backcovernya bertekstur kulit ala BB Bold, tapi AF903 bahanya bukan kulit melainkan plastik tapi cukup berkualitas.

Katanya sih layarnya QVGA (320 x 240 Pixel) tapi ko seperti ukuran 176 x 220 atau 120 x 160, tapi setelah diutakatik ternyata benar QVGA. Kualitas tampilannya cukup jernih dan dengan pengaturan kecerahan maksimal layar tersebut cukup jernih juga jika dibawah sinar matahari. Tombol QWERTY nya didesain persis BB Bold, lumayan nyaman juga ketika dipakai ngetik. Sekilas terlihat seperti ada Trackball navigation, padahal itu hanya D-Pad 5 arah yang didesan melingkar, cukup sedikit nyaman dalam menggunakannya. Disebelah tombol D-Pad ada tombol Call, End Call, Tombol soft key kiri dan kanan. Walaupun sudah mendukung dual on GSM, tapi AF903 ini hanya menyematkan satu tombol Call, namun saat akan melakukan panggilan kita akan disuguhkan pilihan menggunakan kartu yang mana. Susunan menu berbentuk grid sebanyak 12 icon, desainnya sedikit mirip menu pada BB, dan hampir sama aja dengan hp lokal lainnya, hanya beda tema dan sedikit bawaan pabrik.

AF903 sudah mendukung JAVA sama seperti nexian dan hp qwerty lokal lainnya. Aplikasi bawaan ada eBuddy, Opera Mini 3, dan Link menuju Facebook mobile. Saat dicoba instal aplikasi Java lainnya cukup mudah, hanya saja ada aplikasi yang tidak berjalan mungkin karena tidak cocok versinya. Untuk menyimpan aplikasi java hanya disediakan pada memori eksternal, memori eksternalnya bisa dipakai yang 2 GB tapi belum tahu berapa maksimal yang bisa dipakainya. Untuk multimedia ada pemutar musik juga pemutar video dan radio FM, pemutar musik dan radio FM bisa diputar dalam modus latar belakang, sehingga bisa tetap dengerin musik atau radio walaupun sambil smsan atau sambil browsing internet, radi fm nya bisa direkam bahkan ada jadwal perekam radio FM yang bisa kita atur waktunya. Kualitas suara yang keluar dari speaker yang terletak di belakang hp lumayan garing dan cempreng sama dengan hp lokal lainnya, begitupun saat didengarkan lewat headset bawaan tidak terlalu bagus suaranya, untuk mengatur volume suara sudah disediakan tombol volume disamping kiri body dekat port USB.

Kamera di AF903 hanya bisa memotret dengan ukuran gambar maksimal 640 x 480 picxel (VGA) dengan kualitas gambar sama dengan hp lokal lainnya. Untuk browsing sudah disediakan browser bawaan (WAP) dan Opera Mini 3, kecepatanya rata-rata sesuai GPRS 12, lumayan lambat. Untuk setingan operatornya tinggal sesuaikan saja karena sudah ada setingan dari pabrik, tinggal pilih sesuai operator yang kita pakai, cukup memudahkan. Kedua kartu bisa dipakai GPRS nya. Kemudian ada juga aplikasi email, sama dengan aplikasi email pada hp java lainnya, seting dengan benar emailnya agar bisa menerima email, emailnya sendiri full mail tapi bisa disetting untuk mengambil email secara otomatis sesuai interval waktu yang diinginkan. blueberry-l900i-blackberry-bold-clone

Sebelumnya di China sudah ada produk yang mirip BB Bold, namanya Blueberry (Jinpeng I900i) yang memang tidak masuk ke indonesia. Sepertinya ASIAFONE satu pabrik dengan Blueberry tersebut, soalnya desainnya dan softwarenya 100% sama, hanya saja bahan yang digunakan ASIAFONE lebih berkualitas dan tentu saja memiliki izin resmi dari dirjen postel indonesia serta memiliki garansi resmi ASIAFONE selama 12 bulan, service centernya pun sudah tersebar di kota-kota besar di indonesia. AF903 cocok untuk yang menginginkan BB Bold namun berkantung tipis, atau yang ingin HP ber QWERTY dengan harga murah namun desain yang menawan tapi tidak ingin terlihat pasaran.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda