27 Agustus 2009

Bawang Putih Mampu Mencegah Kanker


Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur, hampir segala jenis makanan bila bumbunya ditambahkan dengan bawang putih maka rasanya semakin lezat. Tetapi ada sebagian orang yang enggan mengkonsumsi bawang putih. Alasannya jika mengkonsumsi bawang putih maka menyebabkan rasa pahit di mulut dan mulut bau setelah memakannya.

Penelitian terbaru tentang bawang putih akan mengubah presepsi Anda tentang bawang putih. Bawang putih yang sering dipakai sebagai bumbu pelengkap masakan terbukti dapat melawan penyakit kanker.

Menurut hasil penelitian yang ada, dalam bahan makanan alami tertentu yang biasa kita konsumsi terdapat zat phytochemical yang berguna untuk melindungi organ dari penyakit kanker. Begitu juga dengan bawang putih, di dalamnya terkandung zat yang dapat mencegah dan melawan pembentukan sel kanker dalam tubuh manusia. Demikian seperti dilansir Times of India, Jumat (10/4/2009).

Lipid peroxide berperan dalam proses detrimental yang menyebabkan berbagai macam kanker termasuk juga kanker kulit. Uji coba yang dilakukan di Swiss seekor tikus Albino memperlihatkan bahwa bawang putih mampu menahan laju lipid ketika proses modifikasi oxidative.

Untuk membuktikan khasiat dari bawang putih tersebut dilakukan uji coba menggunakan perantara tikus yang memiliki penyakit kulit. Tikus percobaan tersebut diberikan pengobatan dengan estrak bawang putih. Setelah disuntikkan dengan senyawa estrak bawang putih pada tikus uji coba, terlihat bahwa kerusakan sel kulit pada tikus tersebut berangsur sembuh.

"Mengkonsumsi bawang putih dapat menghambat pembentukan papilloma (sejenis penyakit kulit) pada hewan dan juga dapat mengurangi ukuran dan jumlah papilloma yang terlihat pada kulit tikus yang diuji coba,' tukas salah satu ilmuwan yang berasal dari Chittaranjan National Cancer Institute.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda