27 Agustus 2009

Beda Ponsel, Smartphone, PDA, dan Pocket PC


Berbagai teknologi kini sudah bermunculan, termasuk mobile phone atau ponsel, smartphone dan PDA PDA, dan PDA phone. Namun, terkadang banyak orang tidak mengerti mengenai perbedaan dan persamaan dari istilah di atas. Istilah di atas sama-sama merupakan perangkat komunikasi, namun adakah perbedaannya?

Mobile Phone
Mobile phone lebih dikenal dengan nama ponsel seluler atau ponsel. Device komunikasi tersebut terkoneksi dengan jaringan komunikasi wireless melalui gelombang radio atau transmisi satelit. Kebanyakan mobile phone menyediakan komunikasi suara, SMS (Short Message Service), MMS (Multimedia Message Service), dan ponsel baru sekarang ini juga telah support dengan layanan Internet, seperti browsing web, IM (Instant Messaging) dan email.

PDA
PDA merupakan kependekan dari Personal Digital Assistant. Nama PDA diberikan untuk perangkat telepon yang kecil, yang mengkombinasikan fitur seperti fungsi computer, telepon/fax, Internet dan jaringan. PDA dapat juga berfungsi sebagai ponsel, pengirim fax, browsing web, dan organizer personal. Device tersebut biasanya memiliki pena unik, yang dinamakan stylus sebagai pengganti keyboard untuk inputan. Namun, PDA sekarang ini tampil dengan stylus dan keyboard.

Smartphone
Smartphone merupakan kombinasi dari PDA tradisional dan ponsel, namun lebih berfokus kepada bagian ponsel. Perangkat telepon genggam tersebut mengintegrasikan kemampuan ponsel dengan fitur computer tangan atau PDA. Smartphone menyediakan kemampuan kepada konsumen untuk menyimpan informasi, email, instalasi program, seperti menggunakan mobile phone dalam satu device. Fitur smartphone biasanya berorientasi pada fitur ponsel dibandingkan dengan fitur PDA. Tidak ada standard yang bisa mendefinisikan smartphone, sehingga perangkar mobile yang melebihi kemampuan ponsel dapat dikategorikan sebagai device smartphone.

PDA phone
Kategori device satu ini memang cukup membingungkan konsumen. Beberapa tahun lalu, banyak orang membedakan PDA dan smartphone dengan mudah, yakni dari sisi touchscreen-nya. Jika sebuah perangkat mobile memiliki fitur layar sentuh (touchscreen), maka device tersebut termasuk dalam golongan ponsel PDA, namun jika tidak, maka device tersebut termasuk smartphone. Smartphone Sony Ericsson, contohnya, menawarkan fitur touchscreen dan keyboard QWERTY. Terlepas dari manufaktur Sony Ericsson menggunakan nama smartphone untuk produk tersebut, PDA phone ini lebih berorientasi kepada fungsi PDA dengan kemampuan ponsel.

Smartphone (dengan huruf besar)
Walaupun suatu perangkat telepon sudah dikategorikan sebagai ponsel, smartphone, PDA ataupun PDA phone, namun batas diantaranya tampak masih samar, terlebih lagi dengan penambahan istilah Pocket PC dan Smartphone (dengan huruf besar). Untuk Smartphone dengan huruf besar, lebih merujuk ke platform Smartphone Microsoft, yang digunakan untuk variasi mobile device. Versi terbarunya, Windows Mobile 6.5 belakangan telah menghapus istilah Smartphone, dan diharapkan akan memperkecil bentang perbedaan smartphone dan Smartphone. Sementara 3 versi dari Windows Mobile 6 juga dikenal dengan nama Windows Mobile 6 Standard for Smartphone, dimana istilah Smartphone di sini berarti ponsel tanpa touchscreen.

Pocket PC
Sementara untuk Pocket PC bukan kategori dari mobile device, namun lebih kepada perangkat PDA yang menggunakan system operasi Microsoft Windows Mobile. Hampir sama dengan PDA, fitur Pocket PC juga berfokus di computing dan pengolahan data dengan kemampuan ponsel dan fungsi PDA. Pocket PC merupakan salah satu device standard yang memiliki fitur touchscreen, termasuk touchpad, dan spesifikasi lainnya.

Kesimpulan perbedaan antara masing-masing device komunikasi mobile adalah PDA phone lebih dari sekedar PDA daripada ponsel, sebuah smartphone lebih dari sekedar ponsel daripada PDA, dan ponsel lebih merupakan ponsel daripada yang lainnya. Contoh populer penggunaan istilah perangkat telepon di atas seperti :
Apple iPhone, merupakan kombinasi smartphone dan iPod
HP iPAQ Mobile Messenger adalah Pocket PC
LG Prada merupakan ponsel dengan touchscreen, namun bukan smartphone
RIM BlackBerry merupakan smartphone
Palm Treo 700p dan Motorola Q merupakan PDA phone

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda